ORASI ILMIAH TENTANG HILIRISASI DALAM RANGKA DIESNATALIS KE 23 DI GEDUNG PASCASARJANA POLTEKKES SEMARANG – 13 JUNI 2024

  • June 13, 2024

Poltekeks Kemenkes genap berusia 23 tahun. Peringatan Diesnatalis yang jatuh pada hari Rabu, 12 Juni 2024 dilaksanakan di Ruang Theatre lantai 5 Gedung pascasarjana. Hadir sebagai tamu kehormatan adalah Ditjen Tenaga Kesehatan Kemenkes RI, Anaya Arianti dan Ketua Dewan Pengawas, Tupi Trilaksono. Kegiatan tersebut juga dihadiri oleh para tamu undangan antara lain Direktur Utama RSUP dr. Kariadi, Kepala Bapelkes Semarang, Direktur CV Bartec, Dewan Pengawas,  Ketua Program Pascasarjana Ketua, Sekretaris dan Anggota Senat, para guru besar, Satuan Pengawas Internal, Para Ketua Jurusan, Sekertaris Jurusan, Ketua Program Studi. Ketua Dharma Wanita Persatuan, beserta seluruh pengelola di Lingkungan Poltekkes Kemenkes Semarang, juga Keluarga Besar Mahasiswa.

Dalam laporannya, Jeffri Ardiyanto, M.App.,Sc selaku Direktur Poltekkes Semarang menyampaikan beberapa informasi yang merupakan pencapaian Poltekkes Semarang selama 1 tahun terakhir. Dimulai dari Indikator kinerja utama atau IKU tahun 2024. Diawali dengan seleksi penerimaan mahasiswa baru, tampak antusias masyarakat untuk mendaftarkan putra putrinya di Poltekkes Semarang meningkat secara signifikan dibanding tahun sebelumnya. Jumlah pendaftar diploma III adalah sebanyak 22.750 orang yang diterima 3.865 orang, sarjana terapan dan alih jenjang sebanyak 16.486 yang diterima 1.915 orang, pada prodi profesi 649 yang diterima 618 orang dan pasca sarjana sebanyak 112 orang dan diterima seluruhnya. 

Student body mahasiswa tahun 2024 ini mencapai 10.173 mahasiswa. Jumlah mahasiswa yang lulus di tahun 2024 sebanyak 361 mahasiswa, serapan lulusan yang bekerja di fasyankes milik pemerintah sebesar 55%, dan yang bekerja diluar negeri sebesar 4%.

Pada akhir proses pembelajaran, program studi di Poltekkes Kemenkes Semarang yang meluluskan Uji Kompetensi Nasional 100% berturut-turut dalam 3 tahun terakhir adalah Kebidanan Blora Program Diploma Tiga dan Kebidanan Semarang Program Diploma Tiga. Rata- rata kelulusan UKOM 3 tahun terakhir mencapai 98,48%.

Dalam mewujudkan fungsi laboratorium sebagai teaching factory dan teaching industry, Poltekkes Kemenkes Semarang salah satu laboratorium yaitu laboratorium pengujian dan klibrasi sinar x memperoleh akreditasi KAN (Komite Akreditasi Nasional) dengan pengelolaan berbasis ISO 17025.

Saat ini Poltekkes Semarang memiliki 363 dosen dengan kualifikasi pendidikan S3 sebanyak 48 orang (13,2%), jabatan fungsional lektor kepala sebanyak 54 orang (14,8%) dan guru besar sebanyak 3 orang (0,8%). Upaya untuk menuju pengakuan internasional, dosen dibekali dengan kursus bahasa inggris, monitoring kemampuan bahasa inggris diukur dengan test TOEFL, dengan hasil TOEFL < 475 : 10,8%, TOEFL > 475 : 10,8% dan  TOEFL > 500 : 78,4%.

Kinerja Tridharma perguruan tinggi dosen, menghasilkan luaran berupa 9 paten, 57 HKI dan 68 buku berISBN. Poltekkes Kemenkes Semarang memiliki 14 jurnal ilmiah, sebagai wahana publikasi hasil penelitian dosen, jurnal dengan akreditasi sinta 2 sebanyak 1 jurnal yaitu Jurnal Kesehatan Gigi, Jurnal dengan akreditasi sinta 3 sebanyak 6 jurnal, sinta 4 sebanya 4 jurnal dan jurnal yang terakreditasi sinta 5 sebanyak 3 jurnal.

Poltekes Kemenkes Semarang konsisten mengimplemtasikan sistem penjaminan mutu internal, dalam upaya menjaga kualitas pengelolaan pendidikan, hal ini dibuktikan dari hasil akreditasi yang dilakukan oleh lembaga akreditasi mandiri perguruan tinggi kesehatan (LAM PT Kes), dari 34 prodi yang memperoleh akreditasi unggu sebanyak 27 (80%), dan terakreditasi baik sekali sebanyak 7 (20%)

PRESTASI TAHUN 2023 HINGGA MEI 2024

No.Prestasi
1Poltekkes dengan jumlah prodi terakreditasi unggul terbanyak
2Juara I Dosen berprestasi tingkat nasional 
3Penghargaan dari Sekretaris Jenderal Kemenkes RI sebagai ASN berprestasi dengan kategori “Inspiring Leader” tingkat kementerian Kesehatan
4Penghargaan oleh Jawa Pos Radar Semarang Sebagai Perguruan Tinggi Inovatif dengan Penelitian  dan Pengabdian Masyarakat Berbasis Kearifan Lokal
5Penerimaan Penghargaan Kemitraan Pelatihan dengan BAPELKES SEMARANG
6Poltekkes Kemenkes Semarang berhasil mendapatkan akreditasi A untuk Unit Peningkatan Kompetensi SDM Kesehatan dengan nilai 91, 93
7Skor SINTA tertinggi ditingkat Poltekkes Kemenkes seluruh Indonesia
8Pemilik Jurnal terakreditasi nasional terbanyak dari 38 Poltekkes se Indonesia, yaitu 14 Jurnal Nasional terakreditasi
9Pemilik Reviewer Penelitian Nasional terbanyak diantara 38 Poltekkes se Indonesia, yaitu 15 Reviewer
10Peringkat 1 versi webometrics sebagai Politehnik Kesehatan terbaik se Indonesia
11Peringkat 3 versi webometrics sebagai Politehnik terbaik se Indonesia

Prestasi dibidang kemahasiswaan antara lain :

No.Prestasi
1Perpustakaan terakreditasi A
2Penerimaan Penghargaan Apresiasi dari FPPTI kepada Perpustakaan Poltekkes Kemenkes Semarang
3Prestasi mahasiswa tingkat nasional sebanyak 157 prestasi dan tingkat internasional sebanyak 22 prestasi
4Penghargaan dari menkes dengan serapan lulusan terbanyak di luar negeri

Pada kesempatan yang sangat berkesan dengan nuansa akademikitu , disampaikan orasi ilmiah dengan narasumber Hadi Pranoto, S.T.,M.T sekaligus direktur utama PT Bartec Mandiri yang berkiprah dalam rekayasa dan manufacture produk alat kesehatan, alat laboratorium dan komponen penunjang pelayanankesehatan. @humas_polkesmar

You may also like...